-->

Biaya Jasa Desain Grafis

Biaya jasa desain biasanya menjadi hal yang sulit bagi seorang desainer grafis. Karena jenis jasa desain masuk dalam cakupan yang luas. Dan bergantung pada pemahaman masyarakat sekitar yang biasanya masih kurang menghargai jasa desain. Karena belum ada hukum yang baku yang diterapkan dalam menetukan berapa besar biaya jasa desain, untuk job yang sama sekalipun.



Sekarang ini sudah banyak Desain Gratis, bukan Desain Grafis. Yang tentunnya gratis, tanpa biaya jasa desain. Itu sering kami temui di beberapa advertising/percetakan. Tapi gratisnya itu karena pelanggan meng-order produk. Misalkan, pelanggan order 1 rim brosur atau 1000 eksemplar kalender. Pelanggan tersebut hanya dikenakan biaya produknya saja, sedangkan biaya desainnya gratis. Bagaiamana dengan desainer grafisnya??? Yaaaa itu sudah tanggungan perusahaan advertising/percetakan. Karena si desainer grafis adalah karywan perusahaan, sudah pasti dapat gaji bulanan. Tapi menurut kami, setidaknya ada penghargaan bagi si desainer grafis untuk hasil desainnya tersebut.

Berlaku bagi desainer grafis freelance atau desainer grafis karyawan, perlu diketahui beberpa hal yang dipertimbangkan ketika akan menentukan besaran biaya jasa desain dalam sebuah job. Antara lain :

  • Keahlian/Skilltentu dengan melihat seberapa jauh kemampuan kita dalam bidang ini. Yang membuat kita berbeda dengan desainer grafis lainnya. Semakin dalam kemampuan kiata, maka semakin tinggi harga yang bisa kita berikan kepada pelanggan.

  • Pengalaman/Jam Terbang, yang dimaksud jam terbang bukan berapa lama kita terbang heheheee.. tapi adalah pengalaman seseorang yang berkembang seiring dengan pengalaman yang ditempuh. Karena biasanya dengan pengalaman yang lebih banyak, kemampuan menghadapi masalah semakin bertambah.

  • Waktu Pengerjaan, merupakan salah satu faktor terpenting. Berhubungan dengan skill dan pengalaman, sudah pasti lebih cepat waktu yang dibutuhkan lebih mahal biaya jasa desain.

  • Kerumitan Materi, beda materi beda kerumitannya. Semakin rumit pengerjaannya semakin lama waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan. Bagi desainer grafis yang sudah berpengalaman mungkin sudah bisa menetukan biaya jasa diawal, dengan melihat materinya saja sudah bisa merinci berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan.

  • Outsource, karena desainer grafis bukanlah robot atau computer. Kadang untuk beberapa hal harus meminta bantuan dari pihak lain. Entah itu illustrasi, karikatur, layout, dll. Perlu juga mempertimbangkan hal ini, jangan sampai kita rugi karena lupa menilai yang satu ini.

  • Hubungan dengan Pelanggan, hubungan kita dengan pelanggan jelas mempengaruhi biaya jasa desain. Kenapa begitu? Kebanyakan pelanggan-pelanggan kita yang sudah akrab pasti meminta potongan/diskon. Sudah pasti kita berikan, guna menjalin hubungan yang kuat selain dengan menjaga kualitas. Dan pelanggan akan loyal menggunakan jasa kita.

  • Siapa Pelanggannya, apakah perusahaan besar dengan aset jutaan bahkan milyaran rupiah atau usaha lokal dengan pemasukan 200 ribu per hari. Perusahaan dengan ratusan karyawan atau usaha lokal yang dikerjakan sendiri oleh pemiliknya. Jika kita menawarkan biaya jasa desain yang sama rata, tentu itu tidak adil. 


Jadi beberapa hal diatas bisa jadi pertimbangan kita dalam menentukan biaya jasa desain. Karena mendesain sudah banyak menjadi pekerjaan utama bagi beberapa desainer grafis. Itu adalah pekerjaan yang harus dihargai. Kalau tidak, bagaimana biaya hidupnya, menafkahi keluarga, bayar cicilan motor, beli pulsa modem atau bayar speedy. Jadi buat pelanggan-pelanggan yang terhormat, adalah hal mulia menghargai karya orang lain. Itu…





Click to comment