-->

Belajar Adobe Photoshop Dasar 1


Kalau berbicara photoshop, pasti kawan-kawan sudah banyak yang tau apa itu photoshop. Salah satu aplikasi/program pengolah foto yang sudah umum digunakan di studio foto, percetakan, bahkan editing foto pribadi. Sebelum memahami adobe photoshop, dulu rasanya waahh banget ngeliat editor foto distudio. Yang akhirnya bikin kepengen bisa photoshop juga. Tapi memang sebelumnya harus ada niat, dan mengetahui dasar-dasar serta fitur photoshop itu sendiri.

 Tampilan lembar kerja Adobe Photoshop CS3


Mengenai apa saja yang perlu dipahami diawal belajar photoshop adalah memahami menu utama, toolbox dan fitur-fitur lainnya. Apalagi Adobe Photoshop seri CS, yang memiliki segudang fitur dan toolbox. Mungkin masih bikin pusing.

Untuk menu utama, sebenarnya hampir sama dengan program lainnya. Ada menu File, View, Help juga. Di photoshop sendiri ada menu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View, Window dan Help.


Menu Utama

  • File, menu ini adalah menu awal dalam proses pengerjaan. Submenu diantaranya, New. Untuk membuat file baru yang bisa diakses dengan shortcut CTRL+N. Open, untuk membuka file yang kita simpan di hardisk. Ada juga submenu Save, Save as, Close, Export, Import dan Print.

  • Edit, dalam submenu edit ini ada Cut, Copy, Paste, Transform, dan mengatur shortcut Keyboard Shortcut. Menu ini bisa digunakan untuk membantu langkah pengeditan.

  • Image, menu inilah yang kebanyakan digunakan untuk mengolah image/foto. Mulai dari mode warna, adjusments, image size, canvas size dan rotate. Yang utama dari submenu ini adalah Adjustments, disana bisa mengatur kecerahan, exposure, kontras dan lainnya.

  • Layer, hampir sama dengan menu image tapi bukan untuk editing foto utama, melainkan lembar layernya.

  • Select, menu yang digunakan untuk opsi seleksi (selection). Ada Select All, Deselect, Reselect, Inverse.

  • Filter, dalam menu ini terdapat opsi untuk memberi efek pada foto lewat submenu Artistic. Membuat foto menjadi kabur, menghaluskan foto dengan noise, serta efek lainnya. Di menu filter ini juga digunakan untuk menaruh plugin-plugin yang masih berhubungan dengan efek.

  • View, menu untuk fitur tampilan. Seperi Zoom Out, Zoom In, Fit On Screen, mengatur Screen Mode, Actual Pixel, dan lainnya. Menu ini jarang diakses karena submenunya sudah bisa diakses dengan shortcut keyboard.

  • Windows, digunakan untuk mengatur/menampilkan tool atau tidak. Seperti menampilkan kotak Toolbox, kotak Layer, History, Action.

  • Help, menu yang jarang diakses karena hanya berisi konten informasi tentang produk photoshop dan produk baru.

Itulah sedikit ulasan mengenai fungsi dari menu utama. Sedangkan untuk Toolbox yang biasanya terdapat disebelah kiri photoshop, sedikit lebih sulit jika harus menghafal icon-icon kecil dengan fungsi yang berbeda-beda meskipun ada beberapa tool yang memiliki fungsi hampir sama. Untuk memahami toobox ini disarankan dengan belajar langsung (praktek) karena yang diperlukan adalah memahami bukan menghafal. Untuk menggunakan tool-toolnya langsung klik aja, tapi kalau di klik kanan, akan menampilkan tool lainnya dan menampilkan shortcut keyboard dari tool tersebut.

Kotak Toolbox

Kotak Layer, Channel, Path, Color, Navigator, dll

Saran kami adalah lebih banyak belajar dengan praktek langsung. Tidak sedikit editor-editor handal yang mahir dengan otodidak. Bisa beli buku tentang Adobe Photoshop, lihat tutorial di youtube. Salah satu kunci bekerja menggunakan photoshop dengan cepat adalah mengatur shortcut keyboard dengan shortcut yang mudah kita ingat dan jari kita bisa menjangkau dengan mudah. Selebihnya tetap harus dengan praktek,,praktekk,,dan praktek. Semoga artikel ini membantu khususnya bagi pemula. Bila ada kekurangan atau yang perlu ditambahan, mohon dishare dengan kami.